Ungkap 10 Manfaat Mencuci Piring yang Jarang Diketahui


Ungkap 10 Manfaat Mencuci Piring yang Jarang Diketahui

Mencuci piring adalah kegiatan membersihkan piring, peralatan makan, dan alat masak yang kotor setelah digunakan. Mencuci piring sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, serta mencegah penyebaran bakteri dan penyakit.

Beberapa manfaat mencuci piring antara lain:

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan
  • Mencegah penyebaran bakteri dan penyakit
  • Membuat peralatan makan dan alat masak lebih awet
  • Menghemat uang karena tidak perlu membeli peralatan makan dan alat masak baru
  • Menjaga lingkungan karena tidak perlu membuang peralatan makan dan alat masak yang kotor ke tempat sampah

Selain itu, mencuci piring juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. Dengan mencuci piring, kita dapat melatih kesabaran dan ketelitian. Mencuci piring juga dapat menjadi waktu untuk merefleksikan hari kita dan bersyukur atas apa yang kita miliki.

Manfaat Mencuci Piring

Mencuci piring merupakan kegiatan penting yang memberikan berbagai manfaat, diantaranya adalah:

  • Kebersihan: Mencuci piring menjaga kebersihan peralatan makan dan alat masak.
  • Kesehatan: Mencuci piring mencegah penyebaran bakteri dan penyakit.
  • Keindahan: Piring yang bersih dan mengkilap membuat dapur terlihat lebih indah.
  • Keharmonisan: Mencuci piring bersama keluarga dapat meningkatkan keharmonisan.
  • Penghematan: Mencuci piring dapat menghemat uang karena tidak perlu membeli peralatan makan dan alat masak baru.
  • Kepedulian lingkungan: Mencuci piring dapat mengurangi limbah karena peralatan makan dan alat masak yang kotor tidak dibuang ke tempat sampah.
  • Kesehatan mental: Mencuci piring dapat menjadi kegiatan yang menenangkan dan mengurangi stres.
  • Keterampilan: Mencuci piring melatih keterampilan motorik dan koordinasi tangan-mata.
  • Pendidikan: Mencuci piring dapat mengajarkan anak-anak tentang kebersihan dan tanggung jawab.

Dengan mencuci piring secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga, menghemat uang, melindungi lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan mental kita.

Kebersihan

Kebersihan peralatan makan dan alat masak sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Mencuci piring secara teratur adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan kebersihan peralatan makan dan alat masak kita.

Saat kita makan atau memasak, peralatan makan dan alat masak kita bersentuhan dengan berbagai jenis bakteri dan kotoran. Jika peralatan makan dan alat masak tidak dicuci dengan benar, bakteri dan kotoran ini dapat menumpuk dan menyebabkan penyakit. Mencuci piring dengan air panas dan sabun dapat membunuh bakteri dan menghilangkan kotoran, sehingga peralatan makan dan alat masak kita bersih dan aman digunakan.

Selain menjaga kesehatan, mencuci piring juga dapat menghemat uang dan waktu. Peralatan makan dan alat masak yang bersih akan lebih awet dan tidak perlu sering diganti. Mencuci piring secara teratur juga dapat mencegah kita dari sakit, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan atau kehilangan waktu kerja.

Dengan demikian, mencuci piring merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan, menghemat uang, dan waktu. Dengan mencuci piring secara teratur, kita dapat memastikan bahwa peralatan makan dan alat masak kita bersih dan aman digunakan, serta terhindar dari penyakit dan pengeluaran yang tidak perlu.

Kesehatan

Menjaga kebersihan peralatan makan dan alat masak sangatlah penting untuk mencegah penyebaran bakteri dan penyakit. Saat kita makan atau memasak, peralatan makan dan alat masak kita bersentuhan dengan berbagai jenis makanan dan minuman, yang dapat mengandung bakteri berbahaya. Jika peralatan makan dan alat masak tidak dicuci dengan benar, bakteri tersebut dapat menumpuk dan menyebabkan penyakit.

  • Penyakit bawaan makanan adalah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri berbahaya. Gejala penyakit bawaan makanan dapat bervariasi tergantung pada jenis bakteri yang terlibat, tetapi umumnya meliputi mual, muntah, diare, dan sakit perut.
  • Keracunan makanan adalah jenis penyakit bawaan makanan yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi racun. Racun ini dapat dihasilkan oleh bakteri, jamur, atau bahan kimia lainnya. Gejala keracunan makanan dapat lebih parah daripada penyakit bawaan makanan, dan bahkan dapat mengancam jiwa.
  • Infeksi adalah kondisi yang disebabkan oleh masuknya bakteri atau virus ke dalam tubuh. Infeksi dapat menyebabkan berbagai macam gejala, tergantung pada jenis bakteri atau virus yang terlibat. Infeksi yang ditularkan melalui makanan dapat menyebabkan gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Mencuci piring dengan air panas dan sabun dapat membunuh bakteri dan menghilangkan kotoran, sehingga peralatan makan dan alat masak kita bersih dan aman digunakan. Dengan mencuci piring secara teratur, kita dapat mencegah penyebaran bakteri dan penyakit, dan menjaga kesehatan diri dan keluarga kita.

Keindahan

Mencuci piring tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan, tetapi juga untuk keindahan dapur. Piring yang bersih dan mengkilap dapat membuat dapur terlihat lebih indah dan tertata.

  • Piring bersih menciptakan kesan rapi dan bersih
    Dapur yang bersih dan rapi akan memberikan kesan yang baik kepada tamu yang berkunjung. Piring yang bersih dan mengkilap dapat membuat dapur terlihat lebih bersih dan tertata, sehingga menciptakan kesan yang positif.
  • Piring mengkilap memantulkan cahaya dan membuat dapur terlihat lebih terang
    Piring yang mengkilap dapat memantulkan cahaya, sehingga membuat dapur terlihat lebih terang dan lapang. Hal ini sangat bermanfaat untuk dapur yang berukuran kecil atau memiliki pencahayaan yang kurang.
  • Piring warna-warni dapat menambah keindahan dapur
    Piring tidak hanya tersedia dalam warna putih, tetapi juga berbagai warna lainnya. Piring warna-warni dapat menambah keindahan dapur dan memberikan sentuhan personal pada dekorasi dapur.
  • Piring antik dapat menambah nilai estetika dapur
    Piring antik memiliki nilai estetika yang tinggi dan dapat menambah keindahan dapur. Piring antik dapat menjadi pusat perhatian di dapur dan memberikan kesan klasik dan elegan.

Dengan mencuci piring secara teratur, kita dapat membuat dapur terlihat lebih indah dan tertata. Dapur yang indah dan tertata dapat membuat kita lebih betah berada di dapur dan memasak makanan untuk keluarga.

Keharmonisan

Mencuci piring bersama keluarga merupakan salah satu cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. Kegiatan ini dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga, mengajarkan nilai-nilai penting, dan menciptakan kenangan indah.

  • Mempererat Hubungan Antar Anggota Keluarga
    Mencuci piring bersama memberikan kesempatan bagi anggota keluarga untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Mereka dapat berbagi cerita, tertawa bersama, dan saling membantu. Interaksi ini dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga dan menciptakan suasana kekeluargaan yang hangat.
  • Mengajarkan Nilai-Nilai Penting
    Mencuci piring bersama dapat mengajarkan nilai-nilai penting kepada anak-anak, seperti tanggung jawab, kerja sama, dan kebersihan. Anak-anak dapat belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, serta bagaimana bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas.
  • Menciptakan Kenangan Indah
    Mencuci piring bersama dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berkesan bagi keluarga. Saat mencuci piring bersama, keluarga dapat menciptakan kenangan indah yang akan dikenang selama bertahun-tahun yang akan datang. Kenangan-kenangan ini dapat memperkuat ikatan keluarga dan memberikan rasa kebersamaan.

Dengan mencuci piring bersama keluarga secara teratur, kita dapat meningkatkan keharmonisan keluarga, mengajarkan nilai-nilai penting kepada anak-anak, dan menciptakan kenangan indah yang akan bertahan seumur hidup.

Penghematan

Mencuci piring secara teratur dapat menghemat uang dalam jangka panjang karena dapat memperpanjang usia peralatan makan dan alat masak. Saat peralatan makan dan alat masak dicuci dengan benar, kotoran dan sisa makanan akan hilang, sehingga peralatan tersebut tidak akan mudah rusak atau berkarat. Selain itu, mencuci piring juga dapat mencegah peralatan makan dan alat masak dari perubahan warna atau noda, sehingga tetap terlihat seperti baru.

Dengan mencuci piring secara teratur, kita dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu untuk membeli peralatan makan dan alat masak baru. Peralatan makan dan alat masak yang awet juga dapat menghemat waktu dan tenaga kita karena kita tidak perlu sering mengganti atau membersihkan peralatan tersebut.

Sebagai contoh, jika kita membeli satu set peralatan makan baru setiap tahun, kita dapat menghabiskan ratusan atau bahkan jutaan rupiah dalam beberapa tahun. Namun, jika kita mencuci peralatan makan yang kita miliki secara teratur, kita dapat menggunakan peralatan tersebut selama bertahun-tahun tanpa perlu membeli yang baru.

Kesimpulannya, mencuci piring secara teratur merupakan salah satu cara sederhana namun efektif untuk menghemat uang. Dengan memperpanjang usia peralatan makan dan alat masak, kita dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan menghemat waktu dan tenaga.

Kepedulian lingkungan

Mencuci piring merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan. Dengan mencuci piring, kita dapat mengurangi limbah yang dihasilkan dari peralatan makan dan alat masak yang kotor.

Setiap tahun, jutaan ton peralatan makan dan alat masak dibuang ke tempat sampah. Peralatan makan dan alat masak ini terbuat dari berbagai bahan, seperti plastik, logam, dan kaca. Bahan-bahan ini membutuhkan waktu yang lama untuk terurai, sehingga dapat menumpuk di tempat pembuangan sampah dan mencemari lingkungan.

Mencuci piring dapat membantu mengurangi limbah ini. Dengan mencuci piring, kita dapat menggunakan kembali peralatan makan dan alat masak kita berkali-kali, sehingga mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan.

Selain itu, mencuci piring juga dapat menghemat sumber daya alam. Produksi peralatan makan dan alat masak baru membutuhkan bahan baku dan energi yang banyak. Dengan mencuci piring, kita dapat menghemat sumber daya alam ini dan mengurangi dampak kita terhadap lingkungan.

Kesimpulannya, mencuci piring merupakan kegiatan sederhana yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan. Dengan mencuci piring, kita dapat mengurangi limbah, menghemat sumber daya alam, dan melindungi lingkungan untuk generasi mendatang

Kesehatan mental

Mencuci piring tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Mencuci piring dapat menjadi kegiatan yang menenangkan dan mengurangi stres.

  • Mencuci piring sebagai bentuk meditasi
    Mencuci piring dapat menjadi bentuk meditasi yang sederhana dan efektif. Saat mencuci piring, kita dapat fokus pada gerakan mencuci dan membersihkan, serta merasakan air dan sabun di tangan kita. Hal ini dapat membantu kita untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres.
  • Mencuci piring sebagai bentuk terapi
    Mencuci piring juga dapat menjadi bentuk terapi. Saat mencuci piring, kita dapat melepaskan emosi negatif dan mengekspresikan diri kita melalui gerakan mencuci. Hal ini dapat membantu kita untuk mengatasi stres dan meningkatkan kesehatan mental kita.
  • Mencuci piring sebagai bentuk relaksasi
    Mencuci piring juga dapat menjadi kegiatan yang relaksasi. Setelah seharian beraktivitas, mencuci piring dapat membantu kita untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Hal ini dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak dan mempersiapkan diri untuk hari berikutnya.
  • Mencuci piring sebagai bentuk pencapaian
    Mencuci piring juga dapat memberikan rasa pencapaian. Setelah mencuci piring, kita dapat melihat hasil kerja kita dan merasa puas karena telah menyelesaikan tugas. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kita dan mengurangi stres.

Kesimpulannya, mencuci piring tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Mencuci piring dapat menjadi kegiatan yang menenangkan, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan mental kita secara keseluruhan.

Keterampilan

Mencuci piring merupakan kegiatan yang tidak hanya bermanfaat untuk kebersihan, namun juga untuk melatih keterampilan motorik dan koordinasi tangan-mata. Kegiatan ini melibatkan berbagai gerakan, seperti menggenggam, menggosok, dan membilas, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus dan koordinasi tangan-mata.

  • Menggenggam
    Saat mencuci piring, kita harus menggenggam spons, sikat, atau peralatan makan dengan kuat. Hal ini dapat membantu memperkuat otot-otot tangan dan meningkatkan kemampuan menggenggam.
  • Menggosok
    Menggosok piring untuk menghilangkan kotoran dan sisa makanan melibatkan gerakan maju mundur yang berulang. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata dan kemampuan mengontrol gerakan tangan.
  • Membilas
    Membilas piring dengan air mengalir membutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan mata untuk memastikan semua sisa sabun dan kotoran terbilas bersih. Gerakan memutar atau mengocok piring saat dibilas dapat membantu melatih koordinasi tangan-mata.
  • Menyusun
    Setelah dicuci, piring harus disusun dengan rapi di rak piring. Kegiatan ini membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik untuk menghindari menjatuhkan atau memecahkan piring.

Dengan demikian, mencuci piring secara teratur dapat membantu kita melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata, yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari lainnya, seperti menulis, menggambar, dan berolahraga.

Pendidikan

Mencuci piring merupakan kegiatan yang bermanfaat tidak hanya untuk kebersihan, tetapi juga untuk pendidikan anak-anak. Kegiatan ini dapat mengajarkan mereka tentang pentingnya kebersihan dan tanggung jawab.

  • Mengajarkan tentang Kebersihan
    Saat mencuci piring, anak-anak belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan peralatan makan dan alat masak. Mereka belajar bahwa piring yang bersih akan terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.
  • Mengajarkan tentang Tanggung Jawab
    Mencuci piring juga mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab. Mereka belajar bahwa mereka harus bertanggung jawab atas peralatan makan dan alat masak yang mereka gunakan. Mereka harus mencuci piring setelah selesai makan atau menggunakannya.
  • Menumbuhkan Kebiasaan Baik
    Mencuci piring secara teratur dapat membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan baik. Mereka belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan merawat barang-barang mereka.

Dengan demikian, mencuci piring merupakan kegiatan yang bermanfaat tidak hanya untuk kebersihan, tetapi juga untuk pendidikan anak-anak. Kegiatan ini dapat mengajarkan mereka tentang pentingnya kebersihan, tanggung jawab, dan kebiasaan baik.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Dalam dunia ilmiah, terdapat banyak bukti yang mendukung manfaat mencuci piring. Salah satu studi yang terkenal dilakukan oleh University of California, Davis, yang menemukan bahwa mencuci piring dengan air panas dan sabun dapat membunuh hingga 99,9% bakteri pada peralatan makan.

Studi lain yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa mencuci piring secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit bawaan makanan, seperti salmonella dan E. coli. CDC merekomendasikan untuk mencuci piring dengan air panas (minimal 40 derajat Celcius) dan sabun untuk membunuh bakteri berbahaya.

Selain studi-studi tersebut, terdapat banyak studi kasus yang menunjukkan manfaat mencuci piring. Misalnya, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” menemukan bahwa anak-anak yang membantu mencuci piring lebih jarang terkena penyakit diare dibandingkan anak-anak yang tidak membantu mencuci piring. Hal ini menunjukkan bahwa mencuci piring dapat mengajarkan anak-anak tentang kebersihan dan mencegah penyebaran penyakit.

Namun, perlu dicatat bahwa terdapat beberapa perdebatan mengenai suhu air yang ideal untuk mencuci piring. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air panas (minimal 60 derajat Celcius) lebih efektif dalam membunuh bakteri dibandingkan air hangat. Namun, air panas juga dapat merusak beberapa jenis peralatan makan dan alat masak, seperti plastik dan kayu. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti instruksi pada label peralatan makan dan alat masak saat mencuci piring.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah dan studi kasus menunjukkan bahwa mencuci piring sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan. Mencuci piring dapat membunuh bakteri, mencegah penyebaran penyakit, dan mengajarkan anak-anak tentang kebersihan dan tanggung jawab.

Dengan demikian, penting untuk mencuci piring secara teratur untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga. Mencuci piring juga merupakan kegiatan yang dapat mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan pentingnya kebersihan.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Mencuci Piring

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya yang berkaitan dengan manfaat mencuci piring:

Pertanyaan 1: Mengapa mencuci piring itu penting?

Mencuci piring sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, serta mencegah penyebaran bakteri dan penyakit. Piring yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman, yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan jika tertelan.

Pertanyaan 2: Seberapa sering saya harus mencuci piring?

Dianjurkan untuk mencuci piring segera setelah digunakan, terutama jika piring tersebut digunakan untuk makanan yang mudah basi atau mengandung bahan mentah, seperti daging atau telur. Mencuci piring secara teratur akan mencegah penumpukan kotoran dan bakteri.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mencuci piring dengan benar?

Untuk mencuci piring dengan benar, gunakan air panas (minimal 40 derajat Celcius) dan sabun cuci piring. Gosok semua permukaan piring dengan spons atau sikat hingga bersih, lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa untuk mencuci peralatan makan dan alat masak lainnya, seperti sendok, garpu, dan panci.

Pertanyaan 4: Apakah aman mencuci piring dengan mesin pencuci piring?

Mesin pencuci piring dapat menjadi cara yang efektif untuk mencuci piring, asalkan digunakan dengan benar. Pastikan untuk menggunakan deterjen pencuci piring yang sesuai dan mengikuti instruksi pada mesin pencuci piring. Namun, perlu dicatat bahwa beberapa jenis peralatan makan dan alat masak, seperti plastik atau kayu, tidak boleh dicuci dengan mesin pencuci piring karena dapat rusak.

Pertanyaan 5: Apakah mencuci piring secara teratur dapat menghemat uang?

Ya, mencuci piring secara teratur dapat menghemat uang dalam jangka panjang. Dengan menjaga kebersihan peralatan makan dan alat masak, Anda dapat memperpanjang masa pakainya dan menghindari pengeluaran untuk membeli peralatan baru.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat mencuci piring selain kebersihan?

Selain kebersihan, mencuci piring juga memiliki manfaat lain, seperti meningkatkan kesehatan mental, melatih keterampilan motorik, dan mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan kebersihan.

Dengan memahami pentingnya mencuci piring dan mempraktikkannya secara teratur, Anda dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga, serta menghemat uang dan waktu.

Tips Mencuci Piring

Mencuci piring merupakan aktivitas penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Selain itu, mencuci piring juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti menghemat uang, meningkatkan kesehatan mental, dan mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan kebersihan.

Tip 1: Cuci piring segera setelah digunakan

Dengan mencuci piring segera setelah digunakan, Anda dapat mencegah kotoran dan bakteri menumpuk. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan piring dan mencegah penyebaran bakteri.

Tip 2: Gunakan air panas dan sabun cuci piring

Air panas dan sabun cuci piring efektif membunuh bakteri dan menghilangkan kotoran. Pastikan untuk menggosok semua permukaan piring dengan spons atau sikat hingga bersih, lalu bilas dengan air bersih.

Tip 3: Cuci semua peralatan makan dan alat masak

Selain piring, cuci juga semua peralatan makan dan alat masak yang digunakan, seperti sendok, garpu, panci, dan wajan. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran bakteri dan menjaga kebersihan peralatan makan dan alat masak.

Tip 4: Bersihkan spons atau sikat cuci piring secara teratur

Spons atau sikat cuci piring dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bersihkan spons atau sikat cuci piring secara teratur dengan air panas dan sabun cuci piring, atau rendam dalam larutan pemutih.

Tip 5: Gunakan mesin pencuci piring dengan benar

Jika menggunakan mesin pencuci piring, pastikan untuk menggunakan deterjen pencuci piring yang sesuai dan ikuti instruksi pada mesin pencuci piring. Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis peralatan makan dan alat masak, seperti plastik atau kayu, tidak boleh dicuci dengan mesin pencuci piring karena dapat rusak.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mencuci piring secara efektif dan mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas ini. Mencuci piring secara teratur akan menjaga kebersihan dan kesehatan Anda, menghemat uang, meningkatkan kesehatan mental, dan mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan kebersihan.

Jadikan mencuci piring sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk menikmati manfaatnya yang luar biasa.

Kesimpulan

Mencuci piring merupakan aktivitas penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, kebersihan, keuangan, dan lingkungan. Mencuci piring secara teratur dapat mencegah penyebaran penyakit, menjaga peralatan makan dan alat masak tetap bersih dan awet, menghemat uang, mengurangi limbah, dan meningkatkan kesehatan mental.

Dengan memahami pentingnya mencuci piring dan mempraktikkannya secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga, serta berkontribusi positif terhadap lingkungan dan keuangan kita. Jadikan mencuci piring sebagai bagian dari rutinitas harian kita untuk menikmati manfaatnya yang luar biasa.

Youtube Video:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *