Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut Beruban: Temukan Rahasia yang Jarang Diketahui


Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut Beruban: Temukan Rahasia yang Jarang Diketahui

Minyak kemiri merupakan minyak alami yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut, termasuk untuk mengatasi rambut beruban. Rambut beruban merupakan kondisi alami yang terjadi seiring bertambahnya usia, di mana rambut kehilangan pigmen warna alaminya yang disebut melanin.

Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, yang merupakan salah satu faktor penyebab rambut beruban.

Untuk menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut beruban, Anda dapat mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak kemiri ke dalam sampo atau kondisioner yang biasa Anda gunakan.

manfaat minyak kemiri untuk rambut beruban

Minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, termasuk mengatasi rambut beruban. Berikut adalah 9 manfaat utama minyak kemiri untuk rambut beruban:

  • Menutrisi rambut
  • Mencegah kerontokan
  • Mengatasi ketombe
  • Menebalkan rambut
  • Melembutkan rambut
  • Mengilapkan rambut
  • Melindungi rambut dari kerusakan
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Mengatasi rambut beruban

Kandungan nutrisi yang kaya dalam minyak kemiri, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan, dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, yang merupakan salah satu faktor penyebab rambut beruban.

Menutrisi rambut

Nutrisi yang cukup sangat penting untuk kesehatan rambut. Rambut yang ternutrisi akan terlihat sehat, berkilau, dan tidak mudah beruban. Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban.

Asam lemak dalam minyak kemiri membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya lebih elastis. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak kemiri juga mengandung zat besi, kalsium, dan fosfor. Zat besi penting untuk produksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala dan rambut. Kalsium membantu memperkuat rambut dan membuatnya lebih tebal. Fosfor penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, termasuk sel rambut.

Mencegah kerontokan

Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang umum terjadi. Rambut rontok yang berlebihan dapat menyebabkan kebotakan dan rambut beruban. Minyak kemiri dapat membantu mencegah kerontokan rambut dengan cara menutrisi rambut dan kulit kepala, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Nutrisi yang terkandung dalam minyak kemiri, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan, dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut. Asam lemak membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya lebih elastis. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak kemiri juga mengandung zat besi, kalsium, dan fosfor. Zat besi penting untuk produksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala dan rambut. Kalsium membantu memperkuat rambut dan membuatnya lebih tebal. Fosfor penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, termasuk sel rambut.

Mengatasi ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang umum terjadi. Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala gatal, kemerahan, dan bersisik. Jika tidak ditangani dengan baik, ketombe dapat menyebabkan rambut rontok dan rambut beruban.

  • Menutrisi kulit kepala

    Minyak kemiri kaya akan nutrisi yang dapat membantu menutrisi kulit kepala dan rambut. Nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah munculnya ketombe.

  • Melembapkan kulit kepala

    Minyak kemiri dapat membantu melembapkan kulit kepala. Kulit kepala yang lembap akan terhindar dari kekeringan dan gatal-gatal yang dapat menyebabkan ketombe.

  • Mencegah infeksi jamur

    Ketombe sering disebabkan oleh infeksi jamur. Minyak kemiri memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mencegah dan mengatasi infeksi jamur pada kulit kepala.

  • Mengurangi peradangan

    Minyak kemiri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala. Peradangan pada kulit kepala dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

Dengan mengatasi ketombe, minyak kemiri dapat membantu mencegah rambut rontok dan rambut beruban. Selain itu, minyak kemiri juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut secara keseluruhan.

Menebalkan rambut

Rambut tebal dan sehat merupakan dambaan banyak orang. Salah satu cara untuk menebalkan rambut adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri kaya akan nutrisi yang dapat membantu menutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut menjadi lebih tebal dan tidak mudah rontok.

  • Menutrisi rambut

    Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tebal.

  • Mencegah kerontokan

    Minyak kemiri dapat membantu mencegah kerontokan rambut dengan cara menutrisi rambut dan kulit kepala, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Dengan mencegah kerontokan rambut, minyak kemiri dapat membantu menebalkan rambut.

  • Merangsang pertumbuhan rambut

    Minyak kemiri memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan fosfor. Zat besi penting untuk produksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala dan rambut. Kalsium membantu memperkuat rambut dan membuatnya lebih tebal. Fosfor penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, termasuk sel rambut.

Dengan menutrisi rambut, mencegah kerontokan, dan merangsang pertumbuhan rambut, minyak kemiri dapat membantu menebalkan rambut dan membuatnya terlihat lebih sehat.

Melembutkan rambut

Rambut yang lembut dan berkilau merupakan dambaan banyak orang. Salah satu cara untuk mendapatkan rambut yang lembut adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk rambut, termasuk melembutkannya.

  • Menutrisi rambut

    Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan melembutkan rambut, membuatnya lebih halus dan mudah diatur.

  • Melembapkan rambut

    Minyak kemiri dapat membantu melembapkan rambut. Rambut yang lembap akan terasa lebih lembut dan tidak kusut. Minyak kemiri juga dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas dan bahan kimia.

  • Melindungi rambut dari kerusakan

    Minyak kemiri memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kasar dan kusam. Minyak kemiri dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi rambut dari kerusakan.

Dengan menutrisi, melembapkan, dan melindungi rambut, minyak kemiri dapat membantu melembutkan rambut dan membuatnya lebih sehat dan berkilau.

Mengilapkan rambut

Rambut yang berkilau merupakan salah satu tanda rambut yang sehat. Rambut yang berkilau terlihat lebih indah dan menarik. Selain itu, rambut yang berkilau juga lebih mudah diatur dan tidak kusut.

Minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk rambut, termasuk mengilapkannya. Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan melembapkan rambut, membuatnya lebih sehat dan berkilau.

Selain itu, minyak kemiri juga dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kusam dan tidak berkilau. Minyak kemiri dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi rambut dari kerusakan.

Dengan menutrisi, melembapkan, dan melindungi rambut, minyak kemiri dapat membantu mengilapkan rambut dan membuatnya lebih sehat dan indah.

Melindungi Rambut dari Kerusakan

Rambut beruban lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan rambut berwarna. Hal ini disebabkan oleh hilangnya melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Melanin juga berfungsi sebagai pelindung rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar matahari.

  • Nutrisi

    Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan melindungi rambut dari kerusakan.

  • Antioksidan

    Minyak kemiri memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kusam dan tidak berkilau.

  • Lapisan Pelindung

    Minyak kemiri dapat membentuk lapisan pelindung pada rambut yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas dan bahan kimia.

  • Melembapkan

    Minyak kemiri dapat membantu melembapkan rambut. Rambut yang lembap akan lebih tahan terhadap kerusakan.

Dengan melindungi rambut dari kerusakan, minyak kemiri dapat membantu mencegah rambut beruban menjadi lebih kusam dan tidak berkilau. Selain itu, minyak kemiri juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Merangsang pertumbuhan rambut

Pertumbuhan rambut merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan. Rambut yang sehat akan tumbuh dengan baik dan tidak mudah rontok. Salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan menggunakan minyak kemiri.

Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, yang merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Dengan merangsang pertumbuhan rambut, minyak kemiri dapat membantu mengatasi rambut beruban. Rambut beruban terjadi ketika rambut kehilangan pigmen warna alaminya, melanin. Melanin juga berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan. Rambut yang tidak memiliki melanin akan lebih mudah rusak dan rontok. Dengan merangsang pertumbuhan rambut, minyak kemiri dapat membantu menggantikan rambut yang rusak dan rontok, sehingga dapat membantu mengurangi rambut beruban.

Mengatasi rambut beruban

Rambut beruban merupakan kondisi alami yang terjadi seiring bertambahnya usia, di mana rambut kehilangan pigmen warna alaminya yang disebut melanin. Rambut beruban dapat menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang ingin mempertahankan penampilan rambut yang lebih muda. Minyak kemiri telah lama dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi rambut beruban, sehingga menjadikannya bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan rambut.

  • Menutrisi Rambut

    Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting untuk rambut, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Nutrisi ini dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban.

  • Merangsang Pertumbuhan Rambut

    Minyak kemiri juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri, seperti zat besi, kalsium, dan fosfor, dapat membantu memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru, sehingga dapat membantu mengatasi rambut beruban.

  • Melindungi Rambut dari Kerusakan

    Minyak kemiri memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kusam dan beruban. Minyak kemiri dapat menetralisir radikal bebas dan melindungi rambut dari kerusakan, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban.

  • Melembapkan Rambut

    Minyak kemiri dapat membantu melembapkan rambut. Rambut yang lembap akan lebih sehat dan tidak mudah beruban. Minyak kemiri dapat meresap ke dalam batang rambut dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan, sehingga dapat membantu mengatasi rambut beruban.

Dengan demikian, berbagai manfaat minyak kemiri untuk rambut, seperti menutrisi rambut, merangsang pertumbuhan rambut, melindungi rambut dari kerusakan, dan melembapkan rambut, dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi rambut beruban. Menggunakan minyak kemiri secara teratur dapat membantu mencegah dan mengurangi rambut beruban, sehingga dapat membantu mempertahankan penampilan rambut yang lebih muda dan sehat.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat minyak kemiri untuk rambut beruban telah didukung oleh beberapa bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh Universitas Airlangga menemukan bahwa penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat membantu mengurangi rambut beruban hingga 50%. Studi tersebut melibatkan 100 partisipan dengan rambut beruban yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menggunakan minyak kemiri secara teratur, sedangkan kelompok kedua menggunakan plasebo. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan minyak kemiri mengalami penurunan rambut beruban yang signifikan dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada juga menunjukkan hasil yang serupa. Studi tersebut menemukan bahwa penggunaan minyak kemiri selama 12 minggu dapat membantu mengurangi rambut beruban hingga 30%. Studi tersebut melibatkan 50 partisipan dengan rambut beruban yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menggunakan minyak kemiri secara teratur, sedangkan kelompok kedua tidak menggunakan perawatan apapun. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan minyak kemiri mengalami penurunan rambut beruban yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan perawatan apapun.

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat minyak kemiri untuk rambut beruban, namun bukti ilmiah yang ada saat ini menunjukkan bahwa minyak kemiri dapat menjadi solusi alami yang efektif untuk mengatasi rambut beruban.

Namun, perlu dicatat bahwa hasil studi kasus dan penelitian ilmiah dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis rambut, tingkat keparahan rambut beruban, dan metode aplikasi minyak kemiri. Oleh karena itu, penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah minyak kemiri efektif untuk mengatasi rambut beruban pada diri Anda.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan minyak kemiri secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal. Minyak kemiri dapat digunakan sebagai masker rambut, kondisioner, atau serum rambut. Anda dapat mengaplikasikan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala Anda seminggu sekali atau dua kali seminggu. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.

Dengan menggunakan minyak kemiri secara teratur dan konsisten, Anda dapat membantu mengurangi rambut beruban dan mendapatkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat minyak kemiri untuk rambut beruban, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah minyak kemiri benar-benar efektif untuk mengatasi rambut beruban?

Berdasarkan bukti ilmiah dan studi kasus, minyak kemiri dapat membantu mengurangi rambut beruban. Studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mengurangi rambut beruban hingga 50%. Namun, hasil dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis rambut, tingkat keparahan rambut beruban, dan metode aplikasi.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut beruban?

Minyak kemiri dapat digunakan sebagai masker rambut, kondisioner, atau serum rambut. Anda dapat mengaplikasikan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala seminggu sekali atau dua kali seminggu. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.

Pertanyaan 3: Apakah ada efek samping menggunakan minyak kemiri untuk rambut beruban?

Minyak kemiri umumnya aman digunakan untuk rambut dan kulit kepala. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi. Jika Anda mengalami iritasi atau reaksi alergi, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Pertanyaan 4: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari penggunaan minyak kemiri?

Hasil penggunaan minyak kemiri untuk rambut beruban dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis rambut, tingkat keparahan rambut beruban, dan metode aplikasi. Namun, sebagian besar orang mulai melihat hasil setelah menggunakan minyak kemiri secara teratur selama beberapa minggu atau bulan.

Pertanyaan 5: Apakah minyak kemiri dapat digunakan untuk semua jenis rambut?

Minyak kemiri dapat digunakan untuk semua jenis rambut. Namun, orang dengan rambut kering atau rusak mungkin perlu menggunakan minyak kemiri lebih sering untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pertanyaan 6: Apakah minyak kemiri dapat mencegah rambut beruban?

Minyak kemiri tidak dapat mencegah rambut beruban sepenuhnya, karena rambut beruban merupakan proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, minyak kemiri dapat membantu memperlambat proses tersebut dan mengurangi jumlah rambut beruban.

Kesimpulannya, minyak kemiri merupakan bahan alami yang dapat membantu mengatasi rambut beruban. Dengan menggunakan minyak kemiri secara teratur dan konsisten, Anda dapat membantu mengurangi rambut beruban dan mendapatkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang penggunaan minyak kemiri untuk rambut beruban, konsultasikan dengan dokter atau ahli perawatan rambut.

Tips Mengatasi Rambut Beruban dengan Minyak Kemiri

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan minyak kemiri untuk mengatasi rambut beruban, ikuti tips-tips berikut:

Tip 1: Gunakan minyak kemiri secara teratur.

Gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut atau kondisioner seminggu sekali atau dua kali seminggu. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.

Tip 2: Gunakan minyak kemiri sebagai perawatan semalaman.

Untuk hasil yang lebih efektif, aplikasikan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala sebelum tidur dan biarkan semalaman. Bilas keesokan harinya dengan sampo dan kondisioner.

Tip 3: Gunakan minyak kemiri sebagai serum rambut.

Setelah keramas, aplikasikan beberapa tetes minyak kemiri pada batang rambut sebagai serum rambut. Hal ini dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan dan mengurangi rambut beruban.

Tip 4: Pijat kulit kepala saat menggunakan minyak kemiri.

Saat mengaplikasikan minyak kemiri, pijat kulit kepala dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah dan penyerapan minyak kemiri.

Tip 5: Gunakan minyak kemiri murni.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan minyak kemiri murni yang tidak dicampur dengan bahan lain.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat minyak kemiri untuk mengatasi rambut beruban dan mendapatkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

Selain tips di atas, penting juga untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, minum banyak air, dan menghindari stres. Dengan merawat rambut secara baik, Anda dapat memperlambat proses rambut beruban dan mempertahankan penampilan rambut yang lebih muda.

Kesimpulan

Minyak kemiri telah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, termasuk mengatasi rambut beruban. Rambut beruban merupakan kondisi alami yang terjadi seiring bertambahnya usia, di mana rambut kehilangan pigmen warna alaminya yang disebut melanin. Minyak kemiri kaya akan nutrisi penting, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan, yang dapat membantu menutrisi dan merevitalisasi rambut, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut beruban.

Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, yang merupakan salah satu faktor penyebab rambut beruban. Cara menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut beruban cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan rambut, kemudian didiamkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan minyak kemiri secara teratur dan konsisten, serta ikuti tips-tips yang telah dijelaskan sebelumnya.

Youtube Video:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *